Bingung Memilih Domain ? Ikuti Tips Memilih Nama Domain Yang Baik Untuk Website Kamu

Bagi seseorang yang baru terjun di dunia online terlebih bisnis online, maka seringkali mengalami masalah bingung memilih nama domain yang baik atau bagus. Kadang bahkan bisa sampai berhari-hari untuk memilih domain ini. Karena domain yang akan digunakan untuk jangka panjang, maka sebaiknya memang memilih nama yang baik untuk website atau blog kita. Untuk teman-teman yang kebetulan membaca artikel ini, namun belum mengerti pengertian domain, maka simak pengertian dan penjelasan domain di sini : Pengertian dan Contoh Domain.

Menurut Wikipedia, domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Teman-teman mungkin baru tahu bahwa sebetulnya nama domain itu adalah serangkaian angka-angka unik yang dikenal sebagai IP address. Tanpa domain, untuk mengakses sebuah website, maka kita harus mengetikkan angka-angka IP address setiap website. Cukup rumit bukan ?

 

Di Bawah Ini Adalah Tips Bagaimana Memilih Nama Domain Yang Baik Untuk Blog Atau Website :

 

Bingung memilih nama domain ? ikuti tips ini

 

1. Pilih Nama Domain Yang Unik Dan Mudah Diingat

Bila kamu ingin memiliki blog atau website yang ingin dikenang oleh para netizen atau pengguna internet, maka pilihlah domain yang unik yang sesuai dengan usaha atau bidang kamu. Selain itu upayakan memilih domain yang singkat namun tetap unik dengan tujuan untuk meningkatkan branding sebuah website kita. Dengan ini website kita makin dikenal dan mudah meluas popularitasnya.

 

2. Pilihlah Domain Yang Sesuai Dengan Usaha Atau Passion Kamu

Akan lebih semangat ketika kita membangun blog yang sesuai dengan passion yang kita miliki. Dengan passion itu, kita akan membangunnya dengan penuh cinta dan diiringi dengan semangat yang membara. Apabila kamu sudah punya usaha, maka buatlah sebuah website/ blog yang sesuai dengan usaha kamu. Kamu bisa mencoba memberi nama usaha atau produk kamu di nama domainnya. Misalkan :  kamu menjual rumah, maka kamu bisa memberikan kata rumah di nama domainnya, seperti: rumah–sitampan.com atau bias juga rumahcantik..com dan sebagainya.

Kamu bisa melakukan riset kata kunci sebelum memilih nama domain. Ini aka memberikan ide-ide segar.  Jadi sebaiknya domain kamu mengandung kata kunci bisnis kamu.

Bila kamu ingin membuat website/ blog pribadi, maka kamu bisa memilih nama domain yang kamu suka yang dapat memicu kamu untuk terus menuliskan artikel atau konten yang bermanfaat, misalnya blog saya ini sitampan.com. Tapi ingat ya, pastikan nama domainnya baik atau bagus dan  tidak memiliki unsur negatif

 

3. Pilihlah TLD (Top Level Domain) Berekstensi Dot Com Atu Dot Net.

Mengapa saya rekomendasikan memilih domain TLD  seperti ini  ? Karena domain TLD seperti .com atau .net adalah ekstensi domain yang paling populer dan sangat mudah diingat orang. Hingga kini kebanyakan orang masih suka mengetikkan dan menyukai domain .com dibandingkan domain yang lainnya. Masih ada lhoh domain yang aneh seperti ekstensi .ninja, .rock, .live dan ekstensi yang lainnya.

 

4.  Hindarilah Memilih Nama Domain Yang Bercitra Negatif, Apalagi Berunsur SARA Atau dewasa (18+)

Mengapa ini tidak tidak baik, wah ini bahkan dilarang. Ini karena untuk mencegah website kamu dari  dampak buruk  dan image negatif yang hanya akan merugikan dirimu sendiri dan juga orang lain. Search engine seperti tak segan-segan memblacklist website atau blog kamu apabila mengandung kata-kata negatif seperti ini. Nah, sebaiknya hindari ya menggunakan kata-kata negatif untuk domain kamu karena ujung-ujungnya kamu juga akan rugi apabila kamu tetap menggunakannya.

 

5. Tak Perlu Menambahkan Karakter Pada Domain Website Kamu.

Untuk pemilihan nama domain yang baik, sebaiknya hindarilah penggunaan tanda minus (-) , angka, atau huruf ganda. Meskipun mesin pencari dapat membaca dengan baik karakter ini,  namun pada era sekarang ini , penggunaan karakter semacam ini mempengaruhi tingkat SEO sebuah website. Tapi bila memang ada tujuan tertentu misalkan untuk kepentingan SEO maka menambahkan karakter pada domain website, yang disarankan adalah cukup menggunakan tanda minus (-)

 

6. Hindari Memilih Domain Yang Sudah Menjadi Merek Dagang

Untuk pemilihan nama domain untuk blog yang akan dibangun, hindarilah menggunakan nama domain yang telah menjadi merk dagang apalagi yang telah menjadi sebuah brand perusahaan besar. misalnya: sony.com atau apple.com . Hindarilah, karena banyak kasus di mana domain yang telah dibeli maka kita akan bisa mendapat teguran semacam notice bahkan domain ini akan diambil kembali oleh pihak registrar.  Bahkan bisa ada kemungkinan besar membeli domain yang sudah menjadi merek dagang, maka akan dituntut oleh perusahaan yang bersangkutan.

 

7. Belilah Domain Dari Registrar Yang Terpercaya.

Teman-teman sebaiknya membeli domain dari registrar atau pihak penyedia domain yang telah diakui kredibilitasnya dalam arti lain trusted atau dipercaya. Domain yang murah bisa didapatkan dari Namecheap.com atau godaddy. Kini mendapatkan domain makin mudah. Selain dari regisrar luar negri, kini teman-teman bisa mendapatkan domain dengan mudah dari registrar lokal. Banyak banget penyedia domain lokal seperti masterweb, qwords, nusantarahost, ardhosting dan lainnya masih banyak lagi. Registrar lokal juga memudahkan dengan pembayaran melalui bank lokal.

Itulah tips dan kiat-kiat untuk teman-teman dalam menentukan domain. Semoga tips-tips yang Sitampan berikan di atas, mampu mengatasi masalah teman-teman yang mungkin saat ini bingung memilih nama domain yang baik untuk blog atau websitenya. Apabila ada pertanyaan mengenai penentuan atau pemilihan nama domain untuk website teman-teman, silahkan disampaikan melalui kolom komentar ya.

 

Komentar

Komentar

No Responses

Apabila kamu memiliki pertanyaan ataupun ada kesulitan silahkan disampaikan. Sitampan siap membantu. ^_^ Apabila kamu merasa terbantu jangan ragu untuk bagikan Informasi Sitampan kepada Teman yang Lain agar yang Lain bisa terbantu juga. Terima kasih :)